Rekomendasi Liburan Lebaran di Banjarnegara

Sehari menjelang berakhirnya puasa Ramadhan, beranda rumah selalu penuh dengan hadirnya para tetangga yang hendak membuat ketupat lebaran dari daun kelapa yang masih muda. Kurang lebih seperti itulah ritme yang terus berulang menjelang hari raya tiap tahunnya yang terjadi di kampung penulis.

Hari raya adalah hari suka cita dalam artian positif. Hari dimana manusia-manusia baru terlahir kembali dan menyongsong lembaran baru dengan hati yang suci. Hari dimana manusia telah melewati hampir sebulan penuh menahan amarah, makan dan minum, nafsu dan hal lainnya yang bisa membatalkan ibadah puasa.

Sama seperti manusia lainnya, banyak orang yang mengganjar dirinya sendiri dan keluarga serta orang terkasihnya dengan berbagai macam kegembiraan, salah satunya dengan cara menghadiahi diri berupa Liburan Lebaran.

Sejatinya Liburan Lebaran pun tidak harus melanglang buana ke tempat-tempat wisata sampai luar kota. Inti dari Liburan Lebaran adalah merayakan suka cita dengan orang terkasih dan sebenarnya itulah kuncinya. Namun bagi yang telah jauh-jauh hari menyiapkan dana khusus untuk keperluan yang satu ini, tentunya tidaklah salah dan akan lebih baik lagi jika rencana Liburan Lebaran tadi disesuaikan dengan budget, itinerary, pemilihan hotel, tiket, transportasi, waktu yang tepat dan lainnya secara terencana.

Satu yang paling penting dari kesemuanya, khususnya bagi umat muslim yaitu pemilihan lokasi liburan dan sebagainya sesuai dengan ketentuan agama alias Halal.

***

Berikut Rekomendasi Tempat Wisata Yang Cocok Untuk Liburan Lebaran di Banjarnegara

Berwisata Edukasi di Taman Rekreasi Marga Satwa Seruling Mas

LEBARAN-2

Kebun Binatang Serulingmas

Taman Rekreasi Marga Satwa (TRMS) Seruling Mas atau orang Banjarnegara lebih mengenal kebun binatang Seruling Mas, merupakan sebuah taman rekreasi yang tidak saja menampilkan berbagai macam binatang tetapi juga atraksi lainnya. TRMS ini berada di jalan Seruling Mas, kec.Banjarnegara.

serulingmas

Saya pertama kali ke sini kira-kira saat kelas 6 SD, sudah lama sekali pokoknya. Saat itu sehabis lebaran, orang-orang dari kampung ramai-ramai menyewa angkutan umum menuju ke tempat ini.

Sebelum bermunculan tempat-tempat wisata baru di Banjarnegara, TRMS ini menjadi destinasi wajib saat liburan lebaran. Orang-orang bisa menyewa tikar maupun membawa tikar sendiri sambil bercengkerama bersama keluarga tercinta menikmati suasana rindang disertai makanan dan minuman favorit yang sengaja dibawa dari rumah.

Menikmati Hiburan Super Lengkap di Surya Yudha Park

Surya Yudha Park ini merupakan tempat wisata keluarga yang belum lama diresmikan. Surya Yudha Park ini atau SYP dikenal dengan berbagai macam hiburan yang didesain menjadi satu tempat. Di sini tersedia waterpark, hotel, bioskop, wisata arung jeram, wisata olahraga, cafe, wisata manasik haji, 3D trick art dan juga sebagai tempat untuk mengadakan event-event baik di indoor maupun outdoor.

This slideshow requires JavaScript.

syp

SYP ini berada di jalan Rejasa, Banjarnegara atau persis di pinggir Sungai Serayu-Banjarnegara. Saya biasanya mampir ke tempat ini selain beberapa kali karena ada undangan rapat, bertemu teman di cafe hingga sengaja datang untuk menonton film-film yang baru ditayangkan juga karena menemani keponakan dan anggota keluarga lainnya saat liburan lebaran. Lokasi favorit di SYP ini adalah water park-nya yang sangat ramai di hari-hari libur.

Rafting di Sungai Serayu

Processed with VSCO

serunya bermain air di sungai serayu

Anugerah Banjarnegara yang dilintasi Sungai Serayu ini, kini menjadi sebuah lokasi wisata yang baru dan digemari lebih khusus untuk pecinta petualangan di air. Sungai yang lebar serta arusnya yang deras serta berada tidak jauh dari kota, membuat Sungai Serayu ini banyak dijadikan sebagai lokasi olahraga air baik tingkat nasional maupun internasional.

20160821_145855.jpg

penginapan tradisional di pinggir sungai serayu

Ada banyak operator wisata lokal yang menyediakan paket rafting menyusuri dan menikmati jeram di sungai ini. Tercatat saya sudah tiga kali merasakan nikmatnya bermain air sampai puas serta memacu adrenalin saat harus tercebur ke dalam sungai ketika melewati jeram.

Processed with VSCO

melewati jeram sungai serayu

Kini, banyak anggota keluarga yang menjadikan arung jeram sebagai salah satu pilihan menikmati liburan lebaran maupun tahun baru tentunya dengan persyaratan keamanan yang telah ditetapkan sebelumnya. Jika merasa takut, pengunjung juga bisa menikmati wisata di pinggir sungai ini maupun sekedar mencicipi rasanya menginap di pinggir sungai bersama keluarga tercinta.

Mendengarkan Gemericik Air di Curug Pitu, Sigaluh

Sesuai dengan namanya, Curug Pitu merupakan sebuah air terjun yang bertingkat tujuh. Lokasinya berada di kecamatan Sigaluh, sebelah timur kota Banjarnegara. Pengunjung tidak perlu susah-susah menyusuri satu demi satu curug di tengah hamparan kebun salak milik warga. Pengelola telah menyiapkan anak tangga serta gazebo yang cocok untuk dijadikan lokasi liburan bersama keluarga tercinta.

This slideshow requires JavaScript.

curugpitu

Saya pernah ke sini saat Sigaluh sedang panen durian serta salak, pengunjung bisa membeli langsung buah-buah tadi langsung dari petaninya. Curug Pitu ini memang unik karena berada di tengah-tengah kebun salak serta durian milik warga sekitar.

Menikmati Pemandangan di Bukit Asmara Situk Kalilunjar, Banjarmangu

20160320_094239[1]

pemandangan dari atas bukit

Bukit Asmara Situk (BAS Kalilunjar) ini berada di desa Kalilunjar-Banjarmangu-Banjarnegara. Lokasinya yang berada pada daerah yang berbukit-bukit membuat BAS ini menjadi lokasi wisata favorit warga Banjarnegara lainnya. BAS ini terbilang masih baru dibuka. Pengunjung bisa menikmati rumah-rumah pohon serta pemandangan Sungai Serayu serta kota Banjarnegara dari ketinggian.

20160320_093752[1]

memasuki gerbang bukit

Sebelum mencapai ke sini, pengunjung harus melewati anak tangga yang jumlahnya lumayan banyak di antara kebun salak milik warga sekitar. Namun rasa lelah akan terbayar saat pengunjung sudah sampai di atas bukit ini.

Mengunjungi Komplek Candi Dieng dan Kawah Sikidang

20160921_095526

komplek candi arjuna

Siapa sih yang tak kenal dengan dataran tinggi Dieng? hampir rata-rata kebanyakan orang akan tau akan tempat ini. Memang dataran tinggi Dieng ini terbagi menjadi dua wilayah antara kab.Banjarnegara dan Wonosobo.

dieng

Komplek Candi Arjuna Dieng ini berada di wilayah Dieng-Banjarnegara. Pengunjung bisa menikmati candi hindu yang berada di daerah yang beriklim sejuk serta sering berkabut ini. Ada hamparan rumput hijau yang luas dan cocok sekali untuk liburan bersama keluarga tercinta.

20160921_122041

kawah sikidang

Kawah Sikidang, lokasi wisata ini tentunya berupa pemandangan kawah yang masih aktif hingga kini. Pengunjung bisa menikmati fenomena alam yang jarang ditemui ini dan bisa berfoto-foto dengan pemandangan yang unik. Namun sebaiknya jangan lupa membawa masker karena tempat ini dikenal bau belerang yang menusuk hidung.

Bermain Air Hangat Sepuasnya di D’Qiano Hot Spring Water Park

20160922_070650.jpg

water park dengan air hangat alami

20160922_064810.jpg

bermain perosotan air

Masih di Dataran Tinggi Dieng, bagi anda yang suka bermain air namun takut kedinginan, jangan takut karena di sini semua wahana airnya berasal dari mata air hangat alami dan dijamin betah berlama-lama di sini.

dqiano

D’Qiano ini banyak dijadikan warga luar kota maupun dalam kota untuk berlibur bersama keluarga tercinta dan jauh dari keramaian. Selain water park, di sini juga tersedia kolam renang untuk orang dewasa. Kini banyak dijumpai wanita-wanita muslimah yang tetap aman dan tertutup anggota tubuhnya saat bermain air di sini.

Ada dua kolam renang besar, satu water park untuk anak-anak serta seluncuran dari ketinggian. Yang lebih menarik adalah, pengunjung bisa menikmati air hangat alami dengan background berupa barisan perbukitan hijau.

Jadi, liburan lebaran terkadang tidak perlu jauh-jauh dari kota kelahiran bagi yang mempunyai waktu terbatas.

Advertisements

41 thoughts on “Rekomendasi Liburan Lebaran di Banjarnegara

  1. Desfortin

    Jreeeng…lumayan panjang jg ulasannya, ada ayat2 suci jg, pasti bermanfaat bagi yg membutuhkan.

    Oya, Surya Yudha Park nya lngkp juga tu, sampai ada arum jeramnya…

    Liked by 1 person

    Reply
  2. Evi

    Banyak sekali objek wisata di Banjarnegara. Beberapa diantaranya pernah saya kunjungi seperti Dieng. Semoga makin maju industri pariwisatanya dan mampu mengangkat pertumbuhan ekonomi lokal

    Liked by 1 person

    Reply
  3. ghozaliq

    Banjar memang kebanyakan wisatane kui esih nang daerah lor serayu ya dirasa-rasa,,

    Semoga menang Mas, bisa mangkat maring Sabang, uang sakune nambah dewek angger menang, 500 ewu ngko bisa nggo tuku kaos Piyoh, terus di dol maning…ahahaha

    Liked by 1 person

    Reply
    1. Hendi Setiyanto Post author

      wkwkwk, ra kepengin menang malah, tuku tikete larang hahaha (beneran, kalau memang rejekinya, penginnya hadiah duit aja) lahhhhh…
      Punggelan sebenere banyak potensi, pernah rembug2 ra jelas karo Jujun

      Like

      Reply
      1. ghozaliq

        sik, hadiahe ra termasuk transportasi kah?

        mbiyen pas ming sabang sih mung entek 400k, 3h2m, tapi kang banda aceh ya, ora kang banjar….wkwkwk

        Like

  4. bersapedahan

    sudah lebih dari 5 tahunan kayaknya kalau liburan Lebaran ga pergi kemana mana …. kebayang macet dan ramenya sih ..hehe .. jadi diam aja di rumah, paling silaturahmi ke rumah saudara.
    Indonesia memiliki potensi besar wisata syariah dan halal … tapi masih kalah sama negara2 lain ya ..

    Like

    Reply
    1. Hendi Setiyanto Post author

      iya juga sih, tempat2 wisata yang mainstream pastinya akan sumpek-pek, tapi kalau punya anak kecil pastinya ya terpaksa milih itu-itu juga, kecuali mau wisata ke curug yang sepi : )
      hooh..baru akhir2 ini mulai didengungkan, pdahal negara lain sudah dri zaman kapan

      Like

      Reply
  5. abesagara

    Daerah kalibening sebenrnya juga menyimpan potensi wisata loh kalau mau di kelola, disana juga ada sumber air panasnya. Apalagi berada di jalur pekalongan.

    Like

    Reply
      1. abesagara

        Aku kelalen jenenge koh mas, wakakak, anu wis sue si. Pokoke kalo dari pertigaan pasar kali bening ntar belok kiri ke arah gripit, nah disitu sebelum hutan pinus sebelah kiri jalan ada kayak pemandian air panas tapi masih sederhana banget (dulu taun 2013). Ceritanya ada di salah satu posting blogku.

        Like

  6. BackpackerAddict

    Dulu waktu ke Dieng cuma sempet ke Candi sama telagana ajaa. Setelah baca ini…jadi pengen ke Kawah Sikidang. Tapi pas gak lebaran,, males ramee wkwkwk.

    Akses menuju kesana susah gak mas? Perlu trekking kah? Asik nih kalo trekking

    Like

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s