9 Barang Wajib Untuk Traveler Lokal Versiku

Tulisan ini memang sedikit melenceng dari gaya tulisan yang sering terbit di blog NDAYENG. Biasanya blog ini lebih memposting tulisan cerita perjalanan yang runut dan juga alurnya pelan berurutan, akan tetapi sebagai variasi dan juga karena tulisan ini secara kebetulan masuk ke salah satu artikel perjalanan atau wisata online maka lahirlah tulisan ini.


NOTED!!  Apa yang saya tulis dan jabarkan kali ini berdasar pada pengalaman pribadi saya sendiri dan tidak bermaksud untuk menggurui. Hal apa saja yang saya tulis tentu akan berbeda dengan orang lainnya. Jadi…tetap baca dan semoga ada manfaatnya.


Mau style travelingmu terbiasa pakai tas ransel atau koper pasti setiap mau pergi traveling harus mempersiapkan barang apa saja yang wajib dibawa dan tentunya disesuaikan dengan style masing-masing. Setiap orang tentu punya gaya sendiri-sendiri dalam bertraveling dengan barang wajib yang harus selalu ada untuk mereka.

Berikut barang apa saja yang wajib saya bawa saat traveling berdasar pengalaman selama ini:

1.HANDPHONE

handphone

Barang wajib yang pertama adalah handphone, ya karena untuk saat ini masih menabung untuk membeli kamera DSLR, saya mewajibkan barang yang satu ini untuk selalu ada saat traveling. Lagi-lagi selain untuk kebutuhan dokumentasi, berkomunikasi, membaca arah dan juga fungsi lainnya terutama untuk menulis catatan untuk bahan tulisan di blog. Kata orang sih, kalau memang pinter nyari angle dan juga tau teknik memfoto, pakai kamera hp juga bisa bagus hasilnya.

2.UANG TUNAI

uang

Tak kalah penting yang kedua adalah uang tunai secukupnya saja. Mau traveling jarak dekat ataupun jauh yang namanya uang cash pasti dibutuhkan untuk keperluan mendesak beli ini itu atau untuk bayar parkir dan usahakan dalam bentuk pecahan-pecahan kecil agar mudah saat digunakan untuk bertransaksi.

Berdasar pengalaman, kadang ada beberapa oknum tukang parkir nakal yang memaksa membayar uang parkir dengan jumlah nominal tertentu dan mahal banget dibanding tukang parkir pada umunya. Jika kita tidak menyediakan uang recehan, siap-siap saja sisa uang yang kita beri dengan nominal tertentu nggak dibeli kembalian, dengan catatan oknum tersebut mengintimidasi dan kita tak berkutik.

3.KACA MATA HITAM

kaca mata

Karena mata saya sangat sensitif terhadap sinar matahari, maka barang wajib berikutnya adalah kaca mata hitam atau sunglasses yang fungsinya tentu saja untuk melindungi mata biar tidak nyengir terus-terusan yang ujung-ujungnya bikin pusing.

Mata saya akhir-akhir ini suka tiba-tiba ngeblur saat kena paparan sinar matahari secara terus menerus dan kadang bikin sekitar area bola mata menjadi sakit. Tentu akan sangat riskan saat harus berada di ruangan terbuka dalam waktu lama sementara pulangnya harus mengendarai sepeda motor.

4.SEPEDA MOTOR

sepeda motor

Untuk yang satu ini mungkin khusus bagi traveler jarak dekat yang ingin praktis dan hemat waktu. Saya selalu membawa sepeda motor saat traveling jarak dekat, entah itu menuju ke curug (air terjun) ataupun tempat wisata lainnya yang akses transportasinya boleh dibilang susah. Menurut saya dengan membawa sepeda motor sendiri akan memudahkan kita berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya dan juga memudahkan dalam mengatur waktu perjalanan.

Pernah beberapa kali sepeda motor matic ini blusukan ke bibir jalan menuju area curug dengan kondisi jalanan yang ancur dan terparkir begitu saja di tengah hutan, di pinggir jurang yang curam atau dititipkan ke rumah warga terdekat. Agak riskan memang, tapi saya rasa lebih efisien dibanding harus jalan kaki jauh.

5.TAS RANSEL

tas ransel

Sebagai traveler lokal tentunya saya terbiasa membawa tas ransel yang untuk jarak dekat, biasanya saya membawa yang berukuran 24 liter dan sengaja memilih model yang multifungsi. Selain bisa untuk traveling jarak dekat dengan gaya minimalis, juga bisa digunakan untuk aktivitas sehari-hari saat bekerja dengan tambahan tempat notebook. Selain hemat biaya saat membeli barang-barang baru, tentunya menjadi semakin efisien.

Tas ransel ini memang masih lumayan baru dan perjalanan terjauh saat ke Bandung. Tas ransel yang lama, pernah dibawah naik ke Puncak Gunung Sindoro dan dibeli saat masih kelas 2 SMK (hampir 8 tahun lebih) kondisinya sedikit rusak pada bagian resletingnya.

6.CELANA KARGO

celana kargo

Saya termasuk  orang  yang mudah berkeringat dan lebih nyaman pakai celana kargo pendek yang selain memudahkan gerak saat blusukan, tentunya multi fungsi dengan banyak kantong berukuran kecil dan besar yang bisa diisi barang-barang berukuran kecil. Bahannya yang kuat namun lembut sangatlah cocok digunakan untuk traveling menjelajah alam.

Saya sangat suka dan nyaman dengan celana ini yang pernah dipakai saat river tubing di Sungai Tungtung-Limbasari tahun lalu. Kantong-kantong kecil yang terdapat pada celana ini, saya isi dengan beberapa cokelat untuk penambah stamina saat beberapa jam menyusuri sungai dan bikin perut lapar.

7.KEMEJA FLANNEL

kemeja flannel

Berikutnya adalah Kemeja flannel, saya termasuk orang yang tidak ingin tampil lusuh saat traveling dan pilihan saya akan kemeja flannel membuat penampilan saya menjadi sedap dipandang. Selain itu juga bahannya yang bikin adem sangat cocok untuk menutupi lengan dari sengatan cahaya matahari saat siang terik dan tentunya makin stylish.

Mungkin telat karena saya baru punya kemeja flannel ini beberapa bulan yang lalu tapi memang sangat adem dan lembut saat dipakai di luar ruangan.

8.JAS HUJAN ATAU JAKET WATERPROOF

jas hujan

Jangan lupakan jas hujan atau jaket waterproof multifungsi yang cocok dipakai saat hujan maupun berkendara sepeda motor. Tampilannya yang stylish dan multifungsi sangat cocok untuk traveler yang ingin tetap terlihat menarik namun masih mengutamakan fungsi juga.

Sekarang kalau berkendara dengan menggunakan sepeda motor, saya sering memakainya selain tahan angin tentu saat tiba-tiba hujan datang tidak perlu repot buka jok motor untuk mencari jas hujan.

9.SANDAL GUNUNG

sandal gunung

Yang terakhir adalah sandal gunung. Sebagai seorang yang sering traveling ke tempat-tempat pelosok lebih khususnya wisata alam, saya selalu memakai sandal gunung yang mempunyai sol empuk. Berdasarkan pengalaman, dengan memakai sandal gunung ini sangat memudahkan langkah saat harus blusukan di tanah yang berlumpur hingga becek tanpa harus takut sandal copot atau rusak.

Sandal gunung ini terbukti kuat dan tahan lama karena pernah dibawah naik-turun Gunung Sindoro hingga hampir semua curug di wilayah Banjarnegara.

Itulah 9 barang wajib yang harus saya bawa atau persiapkan saat packing dan tidak harus masuk ransel semuanya, antara satu dengan yang lainnya tentu berbeda sekali, bagaimana dengan anda? Cerita yuk…

60 thoughts on “9 Barang Wajib Untuk Traveler Lokal Versiku

  1. desfortinmenulis

    Menurut saya artikel blog Anda kali ini tepat dipublish di blog khusus perjalanan sprti punya mas Hendi, krn masih sangat berhubungan dan sangat variatif. Bahkan klo bisa tips perjalanan lainnya, biar ga terkesan monoton bhas recount trus, hehe….

    Oya, duit tunai nya palsu tu, atau duit mna ya? Hee…

    Klo saya travelling jrang, tp pernah bbrp kali. Klo saya ga pernah bwa kemeja flannel itu waktu prjlnan, ga biasa aja sih, lebih suka kaos aja. Yah…masing2 org beda selera emang.

    Btw, mas Hendi sring pke sndal gunung ya? Klo sepatu gunung jarang dipkai? Lebih aman saya rasa.

    Anyway, Keren tulisannya, dan slmt dpt juara 2, tdk mengecewakan.

    Liked by 1 person

    Reply
  2. Fauzi Amiruddin

    Kereen saya setuju sama komentar yang ada di atas saya (desfortin) , artikel ini Bagus dipublish di blog ini dan masih ada hubungannya kok. Supaya blognya gak terkesan monoton sampai artikel tempat wisata saja…

    Liked by 1 person

    Reply
      1. Fauzi Amiruddin

        Haha… Sama. Saya juga gitu, makanya blognya dinamain human pajokka : bukan traveler wkwkwk. tapi kan siapa tau bermanfaat. Apalagi artikelnya juarakk… Heheh.

        Like

  3. Alid Abdul

    Kacamatanya jangan yang murahan yak, niatnya mau melindungi mata tapi yang murahan kan gak UV Protected, malah bisa merusak mata. Aku klo jalan harus bawa music player buat dengerin lagu India ketika di jalan haha

    Liked by 1 person

    Reply
  4. Gara

    Kayaknya saya kemarin sempat baca tulisan ini deh Mas. Di blog ini bukan yah? Terus sepertinya seingat saya juga saya sudah komentar… eh kok malah deja vu sih, haha. Selamat atas keberhasilannya Mas, tulisan ini memang pantas menang, selain runut dan mengalir, Mas juga kreatif banget dengan semua kerajinan tangan itu. Bahkan bela-belain mengumpulkan uang baru. Semua itu sudah perjuangan dan hasilnya saya rasa sangat sepadan. Semangat terus menulisnya, Mas!

    Liked by 1 person

    Reply
      1. Gara

        Iyakah, hmm… apa mungkin kemarin di-publish-nya di situs KitaINA ini ya? Haha. Sip, terima kasih kembali. Tetap semangat ya!

        Liked by 1 person

  5. Rifqy Faiza Rahman

    Dari sekian list, saya gak pernah bawa kacamata hitam hahahahaha. Gak betah dan gak pede, wkwkwkwk #ndesoakuiki hiks.

    Celana kargo baik yang pendek atau panjang itu saya banget mas, saya suka pakai. Outdoor bangetlah haha. Eh iya, selamat ya mas udaj menang! 🙂

    Liked by 1 person

    Reply
    1. Hendi Setiyanto Post author

      tak bisikin…”sebenarnya aku jg ga pernah pakai wkwkwkw” itu hanya sekedar untuk tulisan, alasannya ya emang ga pede tapi memang mataku ini sudah sangat tidak bisa diandalkan kalau kena sinar matahari terus, bikin sakit heheh

      Liked by 1 person

      Reply
  6. fanny fristhika nila

    yang aku bawa juga ga jauh beda dari itu mas :).. palingan tambahin koper yaa ;p.. ga bisa kalo ga bawa itu.. soalnya aku suka kalap kalo belanja saat traveling ;p.. bisa pegel bahuku kalo maksa pake ransel doang 😀

    Liked by 1 person

    Reply

Leave a Reply

