Sehari Bersama Finalis Kakang Mbekayu Banjarnegara

Senyum-senyum sumringah dari rona wajah merona terlihat dari berjubelnya gedung dinas pariwisata kabupaten Banjarnegara pagi ini.

Satu persatu pemuda-pemudi yang mengenakan kaos biru dan selempang terlihat sedang antri untuk mengambil jatah sarapan berupa nasi goreng dan segelas teh manis hangat.

Kami (rombongan blogger) yang datang belakangan harus rela menunggu beberapa waktu hingga giliran kami tiba untuk ikut mengambil jatah sarapan. Namun yang membuat istimewa malah karena kami datang belakangan, kami berkesempatan sarapan di ruang kepala dinas pariwisata ini.

Saya, Razin, Arif, Amir, Havid dan juga Mas Noer berkesempatan untuk ikut “mengawal” dan mendokumentasikan kegiatan para Finalis Kakang Mbekayu Tahun 2016 ini yang rencananya akan diadakan di Dataran Tinggi Dieng, Banjarnegara.

Total ada 5 buah bis berukuran mini yang akan membawa kami naik ke jalanan menanjak ke “puncak gunung” tersebut. Kami pun dibagi ke dalam beberapa bis guna mendampingi masing-masing rombongan finalis kakang mbekayu. Saya kebetulan berdua bersama dengan blogger asal kota perwira Purbalingga yaitu Arif Saefudin.

Rombongan berangkat melalui jalur Banjarmangu hingga ke Dieng dan total saat berangkat jalanan menanjak terus dan mesin kendaraan yang berderu kencang hingga sampai tujuan.

Beberapa rombongan yang saat berangkat terlihat lincah kini satu persatu tumbang karena mabok kendaraan dan harus berhenti sebentar di pinggir jalan karena akan mengeluarkan “isi perutnya”. Syukurlah saya ini bukan tipe orang yang mabok kendaraan akan tetapi pernah beberapa kali sempat pusing-pusing juga namun tidak berujung muntah.

20160921_071447

Bisa ditebak mana finalis yang “tomboy”? beruntungnya karena salah satu peserta yang sempat muntah di bis ini adalah juara Kakang Banjarnegara 2016 dan juara harapan 2/3 duta wisata jateng

Yel-yel dan aktivitas untuk memacu kekompakan satu persatu muncul dari masing-masing finalis yang dipimpin langsung oleh perwakilan alumni IKAMURA (Ikatan Kakang Mbekayu Banjarnegara) dan juga didampingi oleh pegawai dinas pariwisata kabupaten Banjarnegara.

Dalam setiap rombongan pasti selalu ada saja yang terlihat ingin menonjol, begitupun yang terjadi di dalam bis ini. Namun kali ini datang dari salah seorang finalis laki-laki yang terlihat “tomboy” nan kemayu hingga setiap ucapan dan tingkah lakunya membuat orang di sekitarnya tergelak tawa.

Kompleks Candi Arjuna

Tujuan pertama rombongan adalah mengunjungi Kompleks Candi Arjuna. Di pintu masuk terlihat rombongan finalis tadi berbaris rapi bak murid sekolah dasar dengan kelompoknya masing-masing. Kami hanya memandang dan mengamatinya sambil tersenyum melihat tingkah polah mereka.

20160921_095526

Kabut yang tiba-tiba datang di atas langit kompleks candi Arjuna

Sebenarnya kegiatan yang dilakukan di komplek candi Arjuna berupa aktivitas untuk melatih kekompakan dengan berbagai games yang dibuat sedemikian rupa oleh panitia. Sekilas mirip seperti sedang mengikuti kegiatan Pramuka waktu jaman SMP dulu. Menjelang siang, langit berubah menjadi gelap dan kabut perlahan menutupi lokasi Candi Arjuna ini. Dari kejauhan masih terdengar riuh ceria para finalis tadi hingga menjelang siang.

Menjelang sholat dzuhur, peserta dibawa menuju Museum Dieng Kailasa dan diberi edukasi mengenai sejarah dataran tinggi Dieng, Candi, sosial budaya dan ditutup dengan menyaksikan film dokumenter mengenai perkembangan dataran tinggi Dieng dulu hingga kini.

Dari beberapa peserta, saya sebenarnya mengenali satu dua orang namun mungkin mereka malu atau entah apa, mereka terlihat menghindar. Sebenarnya acara seperti ini sangat bermanfaat sekali bagi para pemuda-pemudi ini guna bekal saat memasuki dunia kerja dimana kekompakan, tanggung jawab, berani mengungkapkan pendapat hingga ide-ide segar sering kali dibutuhkan. Mereka juga sejatinya para misionaris yang mempromosikan berbagai macam potensi wisata yang ada di kabupaten Banjarnegara.

Kawah Sikidang

Panas terik di dataran tinggi Dieng ini tidak menyurutkan langkah para finalis kakang mbekayu untuk mengikuti setiap agenda yang telah ditentukan oleh panitia. Kali ini lokasinya berpindah ke kawasan wisata Kawah Sikidang. Bau busuk dan menyengat yang berasal dari belerang kini menyambut kami saat melewati pipa-pipa besar di sepanjang jalan yang kami lewati.

20160921_122041

Tumbenan jarak pandang lumayan jernih karena tidak terlalu berasap

Saat bis hendak parkir di pelataran pintu masuk Kawah Sikidang, beberapa penjaja masker satu persatu menawarkan barang dagangannya. Saat itu  saya tidak membelinya karena lama kelamaan sudah terbiasa dengan bau menyengat ini, berbeda saat pertama kali berkunjung ke tempat ini yang harus menyerah dan membeli masker karena saking bau belerang yang menusuk hidung.

Mungkin karena faktor U, energi saya terasa berkurang drastis, mungkin karena efek lapar juga sehingga tidak bisa mengimbangi para finalis ini yang rata-rata masih bersekolah SMA dan semangatnya masih total. Ketika para finalis sudah berada jauh mendekati bibir kawah, kami rombongan blogger memilih ngadem terlebih dahulu di lokasi tempat penjualan aneka oleh-oleh khas dataran tinggi Dieng, mulai dari kentang, purwaceng, hingga souvenir yang dijajakan di dalam sebuah bangunan mirip sebuah pasar.

Terlihat dari kejauhan, para finalis masih melakukan kegiatan dengan kelompoknya masing-masing sambil sesekali terdengar teriakan yel-yel masing-masing regu. Tak lupa beberapa peserta terlihat sibuk berswafoto dan terkadang diingatkan oleh pemandu dari dinas pariwisata untuk tetap fokus mengikuti jalannya kegiatan yang sedang berlangsung. Tidak lama kami di sini karena saking cuaca yang begitu terik serta jam makan siang yang sudah lewat lumayan jauh.

20160921_123706

Berpose sebelum meninggalkan kawah Sikidang

D’Qiano Hot Spring Water Park

Tujuan berikutnya adalah menuju salah satu sumber mata air panas yang berasal dari kawah Sileri dan dimanfaatkan menjadi sebuah wahana wisata air panas bernama D’Qiano Hot Spring Water Park yang beberapa waktu pernah ditulis di blog NDAYENG ini. Iring-iringan bis menyusuri jalanan menurun nan berkelok-kelok, melintasi hamparan lahan pertanian milik warga setempat serta beberapa telaga alami yang terlihat elok di tengah-tengah perbukitan.

20160921_135355

Berkumpul kembali seusai makan siang

Perut sudah menanti jatah untuk diisi dan lagi-lagi kami harus antri satu persatu guna menikmati seporsi ayam goreng, oseng sayuran dan juga sambal pedas khas pedesaan. Di dalam gazebo dan di pelataran water boom, para finalis tadi terlihat bercengkerama satu sama lain sambil menikmati sepiring makan siang di tangan masing-masing. Kegiatan selanjutnya adalah sesi foto bersama dengan latar belakang lokasi yang indah ini.

Menjelang sore satu persatu finalis mengakhiri kunjungan seharian ini di dataran tinggi Dieng dan kembali ke Banjarnegara kota. Sampai jumpa lagi finalis kakang mbekayu tahun 2016 semoga kalian sukses dan menjadi duta wisata bagi siapapun yang kalian temui guna mempromosikan potensi pariwisata di kabupaten Banjarnegara.

Advertisements

45 thoughts on “Sehari Bersama Finalis Kakang Mbekayu Banjarnegara

    1. Hendi Setiyanto Post author

      Seumur-umur kayaknya baru tahun ini, dinbudpar plus pemda serius membenahi pariwisata Banjarnegara, perlombaan dan fam trip juga menjadi salah satu kegiatannya

      Like

      Reply
      1. BaRTZap

        Lah kok bisa? Eh tapi susah juga sih ya, ini masalah selera. Kalau aku suka. Mungkin pengaruh dingin juga, jadi pas di Dieng makanan apa aja juga enak. Lapar mulu bawaannya 😀

        Liked by 1 person

      2. BaRTZap

        Ditambah lagi waktu itu bulan puasa, jadi pas malamnya balas dendam makan-makan … Cuma di kawasan Dieng, warung-warung penjual makanan cepat tutup ya kalau malam.

        Liked by 1 person

      3. Hendi Setiyanto Post author

        wah kok pas banget bulan puasa ya pas ke sini? mungkin karena kalau malam sepi pengunjung jadi ya pada tutup, soalnya ramainya pas siang, hari libur, kalau malam ramai pas DCF keknya

        Liked by 1 person

  1. SITI FATIMAH AHMAD

    Assalaamu’alaikum wr.wb, Hendi Setiyanto…

    Banyak sekali lokasi yang menarik dan tentunya mengujakan anak-anak SMA tersebut untuk menambah pengetahuan sebagai bakal duta wisata muda yang berilmu dan cerdas dalam pengetahuan mereka. Pasti banyak kenangan bersama para finalis itu, ya.

    Salam kenal dan selamat tahun baru 2017.

    Liked by 1 person

    Reply
    1. Hendi Setiyanto Post author

      Iya, mereka sangat bersemangat dalam mengikuti kegiatan kemarin. Saya salut dengan keinginan mereka membangun pariwisata Banjarnegara.
      Selamat tahun baru 2017, semoga sukses selalu : )

      Like

      Reply
  2. Yasir Yafiat

    Seru sekali sepertinya Hend. Keren ya Dinas Pariwisata Banjarnegara mau mengajak Blogger untuk ikut serta dalam acara tersebut dan mempromosikannya. Jempol buat Dinas Pariwisatanya.

    Liked by 1 person

    Reply
    1. Hendi Setiyanto Post author

      Iya mereka di sini bukan cuma diajak plesiran tapi jg mengikuti kegiatan semacam acara pramuka gitu.
      Setahuku ini baru pertama kali dinas ngadain acara blogger begini, semoga ke depannya lebih sering lagi terutama untuk blogger-blogger lain di luar banjarnegara biar bisa ikut mempromosikan potensi wisata banjarnegara

      Like

      Reply
  3. omnduut

    Oh semacam bujang dan gadis Palembang ya ini kakang dan mbekayu. Hihi lucu namanya. Mereka2 ini adalah salah satu garda terdepan untuk promosi pariwisata. Kece!

    Liked by 1 person

    Reply
      1. Hendi Setiyanto Post author

        yang biki seneng sih banyak kawan dari berbagai macam daerah walau belum pernah tatap muka langsung kan siapa tau pas datang ke daerah tertentu eh kebetulan ada kawan blogger yang tinggal di sana. Rejeki dalam bentuk uang sih masih belum lah kalau untuk blog tapi pengalaman sih ya berkesan hehehe

        Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s